Jumat, 24 Oktober 2008

MEMPERBAIKI EKONOMI RAKYAT


Jauh-jauh hari sebelum krisis ekonomi dunia (Amerika) terjadi, rakyat sudah dalam keadaan sulit. Harga-harga naik terus, apalagi setelah BBM naik, makin melambung. Sementara itu penghasilan rakyat pada umumnya, seperti petani, pegawai rendahan, guru, pedagang kelontong, pelaku bursa, hingga para pengusaha kelas menengah tidak ada tanda-tanda mengalami peningkatan yang bisa mengimbangi kenaikan harga. Bahkan para pekerja yang upahnya tidak pernah cukup buat makan sekeluarga banyak yang terkena phk.

BLT untuk gakin memang sudah beberapa kali dibagikan, begitu pula berbagai macam kredit lunak juga sudah dikucurkan bagi mereka sebagai modal usaha. Akan tetapi bantuan itu paling-paling hanya bisa digunakan memenuhi kebutuhan hidup, terutama makan, selama sebulan. Setelah itu mereka kembali didera oleh sulitnya hidup mencari sesuap nasi.

Jadi ada atau tidak ada krisis ekonomi dunia, hidup rakyat sudah susah. Sebagian besar rakyat tetap hidup dalam kemiskinan. Bantuan jangka pendek model BLT tidak banyak artinya buat mereka. Sampai kapan pun dibagikan tidak akan pernah bisa mengentas kemiskinan dan memperbaiki ekonomi rakyat.***

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online