Selasa, 20 Mei 2008

SBY DAN KENAIKAN BBM

KESENGSARAAN RAKYAT TIDAK AKAN PERNAH TERLUPAKAN

Kenaikan tarif BBM selalu diikuti kenaikan harga-harga, terutama sembako dan juga tarif listrik, yang dengan sendirinya akan membuat hidup rakyat makin susah dan sengsara. Karena itu setiap kenaikan BBM selalu ditentang banyak orang. Begitu pula saat pemerintah mengumumkan niat untuk menaikkan lagi tarif BBM, demo terjadi dimana-mana. Bukan hanya para mahasiswa, berbagai kelompok masyarakat juga melakukan protes. Kendati begitu pemerintah tampaknya tidak akan mundur dari ketetapannya untuk menaikkan tarif BBM pada awal Juni nanti.


Bagi sebagian besar rakyat yang hidupnya serba pas-pasan, yang tiap hari harus antri berjam-jam hanya untuk memperoleh sekaleng minyak tanah, tidak akan pernah bisa memahami kenapa kenaikan tarif BBM yang membuat mereka makin menderita itu mesti dilakukan. Mereka hanya tahu, bahwa tarif BBM naik adalah kebijakan pemerintah yang tidak bisa ditolak. Maka ketika kebijakan pemerintah yang dipimpin oleh SBY itu membuat mereka makin sengsara, pasti tidak akan pernah terlupakan.


Karena itu kebijakan menaikkan tarif BBM itu bagi SBY akan berpengaruh besar terhadap niatnya untuk mempertahankan jabatannya sebagai presiden dalam Pilpres 2009 yang setahun lagi akan digelar. Kesengsaraan rakyat yang makin menjadi akibat kenaikan tarif BBM, pasti akan mengurangi dukungan terhadap SBY dalam pilpres mendatang. Berbagai kebijakannya selama ini, seperti pemberantasan korupsi, yang telah memperoleh dukungan rakyat, pasti akan menjadi tidak ada artinya. Karena dalam pilpres nanti bisa dipastikan rakyat merasa enggan untuk memilihnya kembali apabila ia dianggap telah menyengsarakan rakyat.


Akan tetapi bisa saja kemungkinan kehilangan dukungan rakyat dalam Pilpres 2009 tidak akan terlalu besar, apabila SBY saat menetapkan kenaikan tarif BBM berani menegaskan, kapan hidup rakyat yang makin susah dan penuh keprihatinan itu akan diakhiri. Beranikah ia menjanjikan, lima atau sepuluh tahun lagi hidup susah rakyat ini akan berakhir ? ***

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online